Site blog

Page: 1 2 3 ()
Anyone in the world

Pada masa pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020, semua serasa berubah. Dulu sebelum Covid-19 ada, dengan bebas dan santainya kita berkumpul bersama dengan orang-orang yang kita cintai, namun saat ini, semua penuh dengan keterbatasan dan hati yang was-was.

Semenjak era normal baru (New Normal)  di laksanakan, sedikit kelonggaran di berikan agar laju ekonomi dapat terus berlanjut. Namun semua kebablasan menjadi menyepelekan kasus pandemi Covid-19 dan menganggap itu hanya akal-akalan Rumah Sakit untuk memperoleh manfaat yang besar. 

Tidak sedikit tenaga medis yang jatuh berguguran, dari Dokter, Perawat, Radiografer, Analis dan petugas Rumah sakit yang lainnya (cleaning service, pramusaji,dll) demi merawat pasien-pasien Covid-19. Namun tidak pernah ada kata mundur dan menyerah dari kami untuk membantu merawat pasien-pasien yang berada di Rumah Sakit kami dan juga masyarakat yang berada di lingkungan sekitar Rumah sakit kami.

Tenaga medis dan petugas Rumah sakit lainnya merupakan garda paling belakang di masa pandemi Covid-19 ini, karena garda terdepan dari sehat itu sendiri adalah masyarakat dan juga pemerintah dengan segala aturan-aturannya. 

Jadilah garda terdepan yang bertanggung jawab dengan diri kita sendiri, keluarga kita dan masyarakat kita, agar kami sebagai garda medis paling belakang mampu secara maksimal membantu sesama.

Salam sehat dan yang terpenting jangan lupa bahagia. 

Endang Sulistyawati_IT_MMR20

 
Picture of andhy nugroho
by andhy nugroho - Tuesday, 10 July 2018, 1:12 PM
Anyone in the world

Panduan gamel s2 MMR

 
Picture of datu respatika
by datu respatika - Tuesday, 29 August 2017, 2:37 PM
Anyone in the world

Uji coba

 
Anyone in the world

cover+buku+bersahabat+dengan+nyamuk+depa RAHASIA apa di balik penciptaan seekor nyamuk? Secara biologi, nyamuk itu tergolong serangga yang memiliki sifat spesifik dan adaktif tinggal bersama manusia. Nyamuk ini menjadi sorotan manusia, manakala ia telah membikin ulah. Sekali berulah, misalnya menyebarnya kasus demam berdarah dengue (DBD), malaria, filariasis dan chikungunya di suatu daerah, maka semua orang dibuat takut dan gelisah.

Ibarat seorang sahabat, nyamuk hidup begitu dekat dan berdampingan dengan manusia. Mereka siap kapan saja berkunjung dan bertamu ke rumah manusia. Bedanya dengan manusia, bila sahabat kita yang berkunjung biasanya membawa makanan, nyamuk bila bertamu justru akan mengganggu kita melalui bunyi kepakan sayapnya dan gigitan saat mengisap darah.

Atas dasar itulah, sesungguhnya kita dapat mencegah kehadiran nyamuk. Caranya? Dengan memahami (bersahabat) kebiasaan dan perilaku nyamuk itu sendiri. Misalnya, bagaimana cara nyamuk bertelur, berubah dari telur ke jentik, pupa, dan menjadi dewasa. Termasuk di dalamnya, bagaimana kebiasaan nyamuk-nyamuk itu menggigit dan mengisap darah manusia.

Nyamuk ini sebagai perantara penyebaran penyakit. Misalnya, penyakit DBD disebabkan virus dengue; malaria oleh Plasmodium spp.; filariasis penyebabnya cacing filaria; dan chikungunya penyebabnya adalah virus chikungunya.

Fakta tersebut mengajarkan agar kita tidak boleh meremehkan nyamuk. Ia merupakan bahasa kehidupan. Keberadaannya akan memberi banyak arti bagi mereka yang mau belajar darinya.

Untuk itu, semakin kita bersahabat dengan nyamuk, maka paling tidak kita mampu memahami habitat dan kebiasaannya, sehingga kita dapat menghindari penyakit yang dibawanya. Seputar dunia nyamuk, inilah isi yang ditawarkan dari buku:

"BERSAHABAT DENGAN NYAMUK: Jurus Jitu Atasi Penyakit Bersumber Nyamuk."

DAFTAR ISI

PENGANTAR – 2

DAFTAR ISI - 5

PROLOG:

Bersahabat Dengan Nyamuk - 7

BAB I MEKANISME PENULARAN PENYAKIT

1.Ada Apa dengan Vektor Penyakit? -11

2.Segitiga Penyakit Tular Vektor - 16

3.Mengintip Nyamuk Pengisap Darah - 18

4.Ada Apa dengan Virus? - 21

5.Ekologi Penularan Penyakit Akibat Virus - 23

6.Merancang Anti Virus Yang Efektif - 27

7.Surveilans Vektor, Agent Penyelamat - 30

BAB II DEMAM BERDARAH

1.Demam Berdarah - 35

2.Kenali Demam Berdarah Dengan Benar - 38

3.Pengendalian Nyamuk Demam Berdarah - 43

4.Ekstra Kulit Jengkol Atasi Jentik DBD – 47

5.DBD dan Pemberdayaan Masyarakat – 56

6.Manajemen Lingkungan Dalam Penanggulangan DBD - 58

7.Tanaman Sebagai Pengusir Nyamuk - 63

BAB III PENYAKIT MALARIA

1.Sekilas Penyakit Malaria - 69

2.Plasmodium Sebagai Penyakit Malaria - 71

3.Perkembangan Parasit Malaria di Nyamuk & Manusia - 77

4.Pengendalian Penyakit Malaria - 80

BAB IV PENYAKIT KAKI GAJAH

1.Kaki Gajah Penyakit Menahun Yang "Bikin" Ampun - 83

2.Tumbuhan Air Sebagai Inang Vektor Filariasis - 86

BAB V PENYAKIT CHIKUNGUNYA

1.Chikungunya Mirip Virus Influensa - 89

2.Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Chikungunya - 94

BAB VI ATASI PENYAKIT BERSUMBER NYAMUK

1.Racun Bakteris Tembakau Sebagai Pembunuh Serangga -101

2.Atasi Nyamuk Dengan Budidaya Ikan - 103

3.Jurus Jitu Agar Nyamuk Tidak "Bertamu" - 107

4."Putus Dengan Nyamuk", Bisakah? - 111

5.Strategi Penanggulangan Penyakit Bersumber Binatang - 117

6.Desa Siaga Bikin Masyarakat Bahagia - 120

EPILOG:

Nyamuk, Lingkungan dan Perilaku Kita - 124

DAFTAR INSPIRASI

TENTANG PENULIS

Anda berminat silahkan kirim Rp. 55 Ribu (+ ongkos kirim: untuk Jawa Rp. 25.000,- dan luar Jawa Rp. 30.000,- ) saja ke Bank BNI Kantor Cabang Banjar. Nomer Rekening: 0118657077 atas nama Arda Dinata, lalu sms ke no. 081320476048.


[ Modified: Sunday, 16 October 2016, 9:51 AM ]
 
Anyone in the world

Salam sehat....

Saya akan senang bila dapat melakukan pendekatan social determinants secara maksimal dalam kehidupan keseharian. Demikian juga akan lebih senang lagi bila saya mampu menerapkan pendekatan social determinants ini dalam profesi Public Health.

Untuk itu, mohon pencerahannya, bagaimana seharusnya seorang Public Health itu melakukan pendekatan social determinants secara humanis? Karena kita tahu sepektrum alam pikiran di masyarakat itu begitu luas dan beragam (ada etika, norma, budaya, doktrin, empati, agama, hikmah, dan lainnya).

Atas pencerahannya, saya ucapkan terima kasih.

Salam sehat, sukses dan berkah selalu. Aamiin.

Salam...

Arda Dinata
(
www.ardadinata.com)
 
Picture of Ditya Permana Adi OLINFOKES2016
by Ditya Permana Adi OLINFOKES2016 - Thursday, 22 September 2016, 7:44 PM
Anyone in the world
Minggu pertama kuliah, dikenalkan tentang sejarah sistem informasi kesehatan dan perkembangannya serta kondisi di Indonesia. Bagaimana peranan teknologi yang dimanfatkan didalam dunia kesehatan. Saya merasa mata kuliah ini sesuai dengan kebutuhan orang-orang IT yang bergelut di bidang kesehatan karena kalau hanya lulusan IT saja, saya rasa masih sangat kurang ilmunya.


Associated Course: e-learning infokese-learning infokes
 
Anyone in the world

Tulisan saya.

Dimuat di: Harian Fajar, Makassar.

Tanggal: 18 Agustus 2016.

Associated Course: e-learning infokese-learning infokes
 
Picture of Ditya Permana Adi OLINFOKES2016
by Ditya Permana Adi OLINFOKES2016 - Friday, 9 September 2016, 9:38 AM
Anyone in the world

Fitur Gamel sebagai online learning cukup bagus, fiturnya cukup lengkap. dimana saya baru mencoba beberapa fitur diantaranya

  1. Login Gamel dengan 3 jenis user
  2. Panduan/ tutorial langkah-langkah menggunakan gamel
  3. Jadwal kuliah, dosen, materi yang disampaikan
  4. Mengikuti kelas
  5. Upload Tugas
  6. Kuis
  7. Ada forum diskusi
  8. Melihat dan menjelajahi fitur-fitur 
  9. Buat Blog

Semoga kedepan semakin berkembang dan lebih menarik. Btw, saya masih mengeksplore fitur yang tersedia.
 
Foto Unggul
by Unggul Cahya Saputra - Wednesday, 7 September 2016, 8:02 PM
Anyone in the world

Sehari mencoba dan menjelajahi Gamel sebagai platform pembelajaran online. saya rasakan cukup lengkap fitur yang dapat digunakan. Beberapa fungsi yang ada pada sesi perdana dan sudah saya coba diantaranya :

  1. Login Gamel
  2. Upload Tugas
  3. Menjawab Kuis
  4. Mengomentari forum
  5. Melihat dan menjelajahi fitur-fitur 
  6. Membuat Blog

Semoga makin menarik materi pada sesi pembelajaran berikutnya.

Associated Course: e-learning infokese-learning infokes
 
Anyone in the world

Bioengineers di University of California , Berkeley , telah menunjukkan bahwa isyarat fisik dapat menggantikan bahan kimia tertentu ketika menyenggol sel matang kembali ke tahap pluripotent , mampu menjadi semua jenis sel dalam tubuh .

Promo belanja murah barang heboh di alfaonline.com

Para peneliti menumbuhkan sel-sel fibroblas diambil dari kulit manusia dan telinga mouse pada permukaan dengan alur paralel berukuran 10 mikrometer dan lebar 3 mikrometer tinggi. Setelah dua minggu budaya dalam koktail khusus digunakan untuk memprogram ulang sel-sel dewasa , para peneliti menemukan peningkatan empat kali lipat jumlah sel yang dikembalikan ke negara embrio -seperti dibandingkan dengan sel tumbuh pada permukaan yang datar . Sel tumbuh dalam perancah nanofibers selaras secara paralel memiliki efek yang sama .

Penelitian yang dipublikasikan secara online Minggu, 20 Oktober , di jurnal Nature Materials , secara signifikan dapat meningkatkan proses pemrograman ulang sel-sel dewasa menjadi sel induk embrio-seperti yang dapat membedakan , atau mengembangkan , menjadi semua jenis jaringan yang membentuk tubuh kita .
grosir blazer wanita korea import murah
The 2012 Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran diberikan kepada ilmuwan yang menemukan bahwa adalah mungkin untuk memprogram ulang sel-sel menggunakan senyawa biokimia dan protein yang mengatur ekspresi gen . Ini sel induk pluripotent sejak menjadi andalan penelitian dalam kedokteran regeneratif , pemodelan penyakit dan skrining obat .

" Penelitian kami menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa ciri-ciri fisik dari biomaterial dapat menggantikan beberapa faktor biokimia dan mengatur memori identitas sel , " kata peneliti utama studi Lagu Li , UC Berkeley profesor dari bioteknologi . "Kami menunjukkan bahwa sinyal biofisik dapat dikonversi menjadi sinyal kimia intraseluler yang membujuk sel untuk berubah. "

Saat proses pemrograman ulang sel bergantung pada formula yang menggunakan virus untuk memperkenalkan gen mengubah - protein ke dalam sel matang . Senyawa kimia tertentu, termasuk asam valproik , yang secara dramatis dapat mempengaruhi struktur DNA global dan ekspresi juga digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses pemrograman ulang .

" Perhatian dengan metode saat ini adalah efisiensi yang rendah di mana sel-sel benar-benar memprogram ulang dan tak terduga efek jangka panjang dari manipulasi genetik atau kimia dipaksakan tertentu , " kata pemimpin penulis studi Timothy Downing , yang melakukan penelitian ini sebagai mahasiswa pascasarjana di UC Berkeley - UC San Francisco Program Pascasarjana Bersama di Bioengineering . " Misalnya , asam valproik adalah bahan kimia kuat yang secara drastis mengubah keadaan epigenetik sel dan dapat menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan di dalam sel . Mengingat hal ini , banyak orang telah mencari cara yang berbeda untuk meningkatkan berbagai aspek proses pemrograman ulang . "

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kekuatan fisik dan mekanik dapat mempengaruhi nasib sel , tetapi efek pada keadaan epigenetik dan pemrograman ulang sel belum jelas .

Studi baru menemukan bahwa sel-sel diinkubasi pada biomaterial mikro - beralur meningkatkan kualitas dan konsistensi dari proses pemrograman ulang , dan sama efektifnya dengan asam valproik .

" Sel memanjang , misalnya , saat mereka bermigrasi ke seluruh tubuh , " kata Downing , yang kini seorang ilmuwan penelitian di laboratorium Li . " Dalam kasus topografi , di mana kita mengontrol pemanjangan sel dengan mengendalikan lingkungan mikro fisik , kita dapat lebih dekat meniru apa sel akan mengalami dalam lingkungan fisiologis asli . Dalam hal ini , ini isyarat fisik kurang invasif dan buatan ke sel dan karena itu kurang cenderung menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan . "

Para peneliti sedang mempelajari apakah pertumbuhan sel pada permukaan beralur akhirnya bisa menggantikan asam valproik dan mungkin senyawa kimia lainnya dalam proses pemrograman ulang .

" Kami juga mempelajari apakah faktor biofisik dapat membantu memprogram ulang sel ke dalam jenis sel tertentu , seperti neuron , " kata Jennifer Soto , UC Berkeley mahasiswa pascasarjana bioteknologi dan lain co - penulis penelitian .

 
Page: 1 2 3 ()