Mata kuliah seminar 2 merupakan mata kuliah yang membahas tentang  kemajuan penelitian, jurnal yang sesuai untuk pembahasan, analisis hasil, pembahasan dan kesimpulan dalam bentuk diskusi, presentasi  tesis dan memaparkan hasil penelitian dalam bentuk  poster.

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Dra. Sri Herwiyati, M.S

Beban Mata Kuliah : 1 sks

Pada matakuliah ini mahasiswa harus melakukan telaah ulang bahan yang pernah didapat di semester 1 untuk mendalami Neurobiologi pada tingkat seluler dan molekuler. Selain dari kuliah, mahasiswa akan mendapatkan pengkayaan dari mempelajari artikel dari jurnal ilmiah internasional yang dipresentasikan oleh mahasiswa. Artikel yang dipresentasikan ditetapkan oleh koordinator matakuliah di awal semester dengan mempertimbangkan usulan dari dosen lain dan mahasiswa.

Koordinator Mata Kuliah : dr. Rina Susilowati, Ph.D

Beban Mata Kuliah :2 sks

Mata kuliah seminar 1 merupakan mata kuliah yang membahas tentang analisis dan pemahaman jurnal penelitian dalam bentuk diskusi dan presentasi  serta  penulisan proposal penelitian sesuai dengan kaidah penulisan tesis

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Dra. Sri Herwiyati, M.S

Beban Mata Kuliah : 1 sks

Mata kuliah ini mempelajari teknik yang banyak digunakan dalam penelitian di bidang Biomedis, khususnya mengenai kultur sel dan teknik dasar pemeriksaan kromosom.

Koordinator Mata Kuliah : Dewi Kartikawati Paramita, S.Si., M.Si., Ph.D

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Mata kuliah ini mengkaji ulang dasar-dasar imunologi yang diajarkan sebagai MKDU disemester I, sebagai dasar diskusi kondisi internal dan eksternal yang berinteraksi dengan sistem imun, dan berpengaruh pada kesehatan manusia. Pada matakuliah ini, mahasiswa juga belajar untuk menggunakan bukti-bukti ilmiah sebagai bahan diskusi spesifik kesehatan berkait imunitas dalam bentuk presentasi dan referat. Mahasiswa juga belajar untuk memahami prinsip dan penggunaan teknik laboratorium berbasis imunologi untuk riset kesehatan.

Koordinator Mata Kuilah :  Jajah Fachiroh, S.P., M.Si, Ph.D

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Biologi Molekuler Lanjut merupakan pendalaman Biologi Molekuler Dasar yang telah diberikan pada semester pertama. Hal-hal yang berkaitan dengan Biologi Molekuler akan dibicarakan lebih detil, mendalam dan mengikuti perkembangan terbaru, disertai ketrampilan penggunaan situs bioinformatik untuk penelusuran bank data gen, urutan basa nukleotida, variasi genetic dan mendesain primer.

Koordinator Mata Kuliah : Dra. Dewajani Purnomosari S.Si., M.Si., Ph.D

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Kanker adalah penyakit penyebab kematian kedua di dunia. Kejadian kanker meningkat setiap tahunnya, terutama di negara berkembang. Pemahaman mekanisme yang menggarisbawahi sifat-sifat sel kanker akan mengarahkan kita untuk dapat memperbaiki diagnosis, prognosis dan pengobatan penyakit ini dengan lebih baik.

Koordinator Mata Kuliah : Dra. Dewajani Purnomosari, M.Si, Ph.D

Beban Mata Kuliah : 2 sks