Mata kuliah ini menjelaskan tentang topik-topik terbaru yang berhubungan dengan tesis mahasiswa pada tahun berjalan. Topik yang dipaparkan pada RPKPS ini adalah hubungan nutrigenomik dan nutrigenetik dengan penyakit metabolic. Topik akan ditinjau setiap tahun sesuai dengan topik tesis mahasiswa S2

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Pramudji Hastuti, Apt. M.S.

Beban Mata Kuliah : 3 sks

Mata kuliah Instrumentasi Biokimia dan Teknik Dasar Biologi membekeali mahasiswa minat Biokimia S2 dengan materi praktikum dan teori mutakhir tentang pemakaian alat Spektrofotometri, Fluorometri, Elektroforesis, isolasi DNA, PCR, RFLP, ELISA dan teori tentang Eskpresi Gen, Analisis Epigenetik.

Koordinator Mata Kuiiah : Dr. Pramudji Hastuti, Apt. M.S.

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Mata kuliah ini menjelaskan berbagai aspek biologi molekular mulai dari komunikasi sel sampai apoptpsis terkait penyakit. 

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Sunarti, M.Kes

beban Mata Kuliah : 2 sks

Mata kuliah ini menjelaskan tentang berbagai aspek Biokimia Terapan dari elektrolit hingga pathogenesis abnormalitasnya.

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Prasetyastuti M.Kes Apt.

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Mata kuliah ini menjelaskan tentang topic-topik penyakit genetic, baik penyakit akibat gangguan gena tunggal maupun multifaktorial

Koordinator Mata Kuliah : dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D.

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Matakuliah ini menjelaskan tentang genetika obesitas, obesitas dan inflamasi, obesitas dan lifestyle, sindrom metabolik dan obesitas, pengaturan intake makanan dan obesitas, genetika DM, lifestyle dan DM, nutrisi dalam manajemen DM, biokimiawi sindrom metabolik, dan biokimiawi sindrom CVD.     

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Pramudji Hastuti, Apt., M.Kes

beban Mata Kuliah : 3 sks

Mata kuliah ini menjelaskan tentang berbagai aspek dari sifat dan kinetika enzim; pengaturan aktivitas enzim dan gangguannya terkait dengan kardiovaskular, diabetes mellitus, dan perlemakan hepar non alkoholik; peran vitamin dan mineral dalam aktivitas enzim; aktivasi dan penghambatan metabolisme oleh enzim; peran modifikasi post-translasi dalam pengaturan aktivitas enzim;  reaksi irreversibel enzimatis dalam sel dan efek defisiensi enzim dalam jalur metabolisme.

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Ngadikun, M. Biomed.

Beban Mata Kuliah : 3 sks