Matakuliah Penelitian Epidemiologi Penyakit Parasitik (Term Paper) adalah matakuliah wajib di Semester-2 yang dilaksanakan di Minat studi Parasitologi Kedokteran. Matakuliah ini disusun untuk membantu mahasiswa menyusun proposal penelitian Tesis secara bertahap sehingga pada akhir semester-2 mahasiswa telah siap dengan proposal yang akan dipresentasikan di Program Studi S2 IKD & Biomedis, untuk selanjutnya mahasiswa sudah mulai penelitian di awal semester-3.

Koordinator Mata Kuluah : Dr.dr. Mahardika Agus Wijayanti, DTM&H, M.Kes.

Beban Mata Kuliah :2 sks

Mata Kuliah ini mejelaskan tentang berbagai aspek Protozoa yang patogen di bi dang Kedokteran/Kesehatan

Koordinator Mata Kuliah : dr. E. Elsa Herdiana Murhandarwati, M.Kes, Ph.D

Beban Mata Kuliah : 3 sks

Matakuliah ini menjelaskan tentang terjadinya perubahan patologi anatomis pada jaringan/organ tubuh sebagai akibat adanya infeksi/infestasi parasit.

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Totok Utoro Sp.PA, Ph.D.

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Matakuliah ini menjelaskan tentang aspek biologi molekuler dari metode diagnosis, proses patofisiologi dan patogenesis serta berbagai penyakit yang disebabkan oleh parasit manusia maupun parasit hewan yang dapat ditularkan ke manusia (Zoonosis).

Koordinator Mata Kuliah :Prof. Dr. Supargiyono DTM&H, Ph.D, Sp.ParK.

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Matakuliah ini menjelaskan tentang respon imun tubuh yang terjadi dan berkaitan dengan patofisiologi, patogenesis serta manifestasi klinis penyakit-penyakit yang disebabkan oleh parasit manusia maupun parasit hewan yang dapat ditularkan ke manusia (Zoonosis).

Koordinator Mata Kuliah :  Prof. Dr. Supargiyono DTM&H, Ph.D, Sp.ParK.

Beban Mata Kuliah : 2 sks

Matakuliah ini menjelaskan tentang 1. Arthropoda (Klasifikasi, Morfologi, Lingkaran hidup, Peranan di bidang kedokteran dan Pengendaliannya); 2. Surveilansi dan kompetensi vektor DBD; 3. Surveilansi dan kapasitas vektorial malaria; 4. Pengendalian vektor secara mekanik, fisik dan biologik (pengendalian vektor tanpa insektisida);5. Insektisida dan resistensi vektor terhadap insektisida; 6. Molekuler entomologi dan 7. Aplikasi GPS dan sistim informasi Geografis pada penyakit DBD dan malaria.

Koordinator Mata Kuliah : Dr. Budi Mulyaningsih, Apt. MS

Beban Mata Kuliah : 3 sks