Mata kuliah ini membahas pentingnya sistem informasi manajemen dalam setiap kegiatan manajerial termasuk di dalamnya manajemen kefarmasian. Mata kuliah ini berisi konsep-konsep pokok sistem informasi manajemen kesehatan, peran dan aplikasinya dalam bidang kesehatan dan kefarmasian. Mata kuliah ini akan menitikberatkan konsep sistem informasi manajemen kesehatan dalam kaitannya dengan siklus manajemen pengelolaan obat dan peran sistem informasi dalam mendukung pelayanan kefarmasian.

Mata kuliah ini akan membahas berbagai konsep dan penerapan metode pemrosesan data, informasi dan pengetahuan di bidang kedokteran dan kesehatan. Secara umum, informatika berkaitan dengan algoritma, aspek manusia, organisasi, kesisteman dan jejaring sosial untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengambilan keputusan dalam manajemen pelayanan kesehatan. Ada dua pembagian domain dalam mata kuliah ini, yaitu informatika kesehatan masyarakat dan informatika pada pelayanan kesehatan. Keduanya dikaitkan dengan fungsi sistem informasi sebagai salah satu ”building block” sistem kesehatan.

Peluang, tantangan dan konsekuensi penggunaan teknologi informasi di bidang kesehatan akan dibahas pada mata kuliah ini. Selain itu dibahas pula berbagai model dan karakteristik informatika di bidang kesehatan, standar dan interoperabilitas. Konsep perencanaan strategis teknologi informasi dan metode evaluasi teknologi informasi diberikan secara umum berdasar pada pengalaman di lapangan. Melalui kuliah ini, diharapkan mahasiswa akan memahami potensi informatika untuk meningkatkan manajemen dan pelayanan kesehatan, mengoptimalkan manajemen pengembangan sistem untuk menghindari konsekuensi yang tidak diharapkan serta menerapkan berbagai aplikasi aplikasi teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks manajemen rumah sakit, jaminan kesehatan dan kebijakan kesehatan secara umum.