Pendahuluan

Fakultas Kedokteran UGM  mempunyai prinsip kerakyatan dan komunitas yang kuat sejak berdiri sebagai universitas perjuangan di tahun 1949. Berdasar pengalaman pembelajaran berbasis komunitas yang dilakukan oleh FK UGM mulai dari Comprehensive Community Health Care – Education Program (CCHC-EP), Community Oriented Medical Education (COME), Program Pendidikan Kedokteran Komunitas (PPKK), Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Kesehatan Masyarakat (K3M) yang sekarang dilaksanakan, maka  perlu dikembangkan kegiatan pendidikan kedokteran berbasis komunitas, Bina Budaya Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Masyarakat Oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran-UGM (CCHC-IPE)  yang sesuai dengan visi-misi FK UGM dan Standar Kompetensi Dokter Indonesia.

Pemateri dalam kuliah ini antara lain:

  1. dr. Wahyudi Istiono, M.Kes
  2. Dra.Yayi Suryo Prabandari, MSi,PhD
  3. dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH,PhD
  4. Dr.rer.nat.dr. BJ Istiti Kandarina
  5. dr. Luthfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D          
  6. dr.Rossi  Sanusi, PhD
  7. Prof.Dr.dr. Adi Heru S, MSc,DLSHTM,D.Com.Nutr. PPK
  8. Drs. Wiranto, M.Kes
  9. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed, Ph.D
  10. Dr. Ir. Widodo Haryono, M.Kes
  11. Dra. Retna Siwi Padmawati , MA
  12. Purwanta, S.Kp., M.Kes
  13. Nandyan Wilasto, MSc.HI
  14. Fitriana, dr.
  15. Rosallia Kurniawati Harisaputra, dr.
  16. Fransisca Kurnia Chandra, dr.

PENDAHULUAN

Semakin kompleksnya permasalahan kesehatan ditambah dengan semakin nyatanya tantangan eksternal baik berupa 1) perubahan iklim, 2) kemiskinan, 3) globalisasi, 4) keterbelakangan pendidikan dan 5) masalah lingkungan lainnya menuntut profesi kesehatan yang baru lulus dari pendidikan untuk mempunyai kompetensi pemahaman kesehatan masyarakat secara makro, kemampuan kerja sama dan profesionalisme. Kompetensi tersebut perlu dikuasai agar lulusan profesi kesehatan siap bekerja sama dengan profesi kesehatan lain dalam satu tim yang solid di masyarakat, khususnya keluarga.


Fakultas Kedokteran UGM yang memiliki tiga lulusan profesi yang berbeda yakni lulusan pendidikan dokter, ilmu keperawatan dan gizi kesehatan mengemban tanggung jawab dalam melaksanakan pendidikan untuk  mencapai kompetensi-kompetensi tersebut melalui program pendidikan CFHC-IPE. Mata kuliah ini memberikan pengalaman pada mahasiswa untuk mempraktekkan ketrampilan profesinya secara lebih nyata, karena langsung berinteraksi dengan keluarga dan masyarakat, serta bekerja sama dengan profesi yang berbeda.

PENDAHULUAN

Semakin kompleksnya permasalahan kesehatan ditambah dengan semakin nyatanya tantangan eksternal baik berupa 1) perubahan iklim, 2) kemiskinan, 3) globalisasi, 4) keterbelakangan pendidikan dan 5) masalah lingkungan lainnya menuntut profesi kesehatan yang baru lulus dari pendidikan untuk mempunyai kompetensi pemahaman kesehatan masyarakat secara makro, kemampuan kerja sama dan profesionalisme. Kompetensi tersebut perlu dikuasai agar lulusan profesi kesehatan siap bekerja sama dengan profesi kesehatan lain dalam satu tim yang solid di masyarakat, khususnya keluarga.


Fakultas Kedokteran UGM yang memiliki tiga lulusan profesi yang berbeda yakni lulusan pendidikan dokter, ilmu keperawatan dan gizi kesehatan mengemban tanggung jawab dalam melaksanakan pendidikan untuk  mencapai kompetensi-kompetensi tersebut melalui program pendidikan CFHC-IPE. Mata kuliah ini memberikan pengalaman pada mahasiswa untuk mempraktekkan ketrampilan profesinya secara lebih nyata, karena langsung berinteraksi dengan keluarga dan masyarakat, serta bekerja sama dengan profesi yang berbeda.

KATA PENGANTAR
 
Program CFHC-IPE ini mendorong mahasiswa memahami praktek profesi kesehatan (kedokteran, keperawatan dan gizi kesehatan) langsung pada masyarakat dengan mendampingi keluarga mitra secara berkelompok dengan mahasiswa antar profesi. Diharapkan mahasiswa mampu memahami pentingnya melakukan pendampingan individu dalam konteks keluarga dan masyarakat serta pendampingan yang bersifat berkelanjutan dan paripurna. Berkelanjutan (continuity) berarti mahasiswa memahami bahwa sering sekali satu kondisi patologis membutuhkan penanganan lebih lanjut yang berkesinambungan, sedangkan paripurna (comprehensive) bermakna mahasiswa memahami bahwa penanganan kondisi patologis perlu mengidentifikasi dan menyelesaikan akar permasalahan kondisi patologis tersebut. Program CFHC-IPE ini bersifat inter professionals, multiple approach dan membutuhkan essential skills yang digambarkan dalam Gambar 1. Program ini akan diikuti oleh mahasiswa dari program studi pendidikan dokter, program studi ilmu keperawatan dan program studi gizi kesehatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menangani permasalahan kesehatan dalam konsep Dokter Keluarga dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Agar mampu menangani permasalahan kesehatan tersebut, sangat dibutuhkan ketrampilan pendukung berupa Inter Professional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), maupun ketrampilan-ketrampilan klinis yang dipelajari di Skills Lab (SL).
 
 



KATA PENGANTAR


Program CFHC-IPE ini mendorong mahasiswa memahami praktek profesi kesehatan (kedokteran, keperawatan dan gizi kesehatan) langsung pada masyarakat dengan mendampingi keluarga mitra secara berkelompok dengan mahasiswa antar profesi. Diharapkan mahasiswa mampu memahami pentingnya melakukan pendampingan individu dalam konteks keluarga dan masyarakat serta pendampingan yang bersifat berkelanjutan dan paripurna. Berkelanjutan (continuity) berarti mahasiswa memahami bahwa sering sekali satu kondisi patologis membutuhkan penanganan lebih lanjut yang berkesinambungan, sedangkan paripurna (comprehensive) bermakna mahasiswa memahami bahwa penanganan kondisi patologis perlu mengidentifikasi dan menyelesaikan akar permasalahan kondisi patologis tersebut. Program CFHC-IPE ini bersifat inter professionals, multiple approach dan membutuhkan essential skills yang digambarkan dalam Gambar 1. Program ini akan diikuti oleh mahasiswa dari program studi pendidikan dokter, program studi ilmu keperawatan dan program studi gizi kesehatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menangani permasalahan kesehatan dalam konsep Dokter Keluarga dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Agar mampu menangani permasalahan kesehatan tersebut, sangat dibutuhkan ketrampilan pendukung berupa Inter Professional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), maupun ketrampilan-ketrampilan klinis yang dipelajari di Skills Lab (SL).

 
 

 

PREFACE


CFHC-IPE program is designed to stimulate undergraduate students within faculty of medicine to understand the practice of health professionals (doctors, nurses and dieticians). They are attached in a family as a group and advocate their health issues during their study periods in the faculty. With this program, the students are expected to understand the importance of continuing and comprehensive advocation in a family.  When the family faces a health issue, the students may detect the underlying cause and propose a systematic approach to overcome the problem.    This CFHC-IPE is an interprofessional and multiple approachprogram. It needs some essential skills as visualized in Figure 1. The three groups students from undergraduate medical degree, nursing and health nutrition program study should perform their unique skills with Family and community health approach. To apply those skills, the students should master some supporting curricula: Interprofessional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), as well as Skills Lab (SL) training.




PREFACE

CFHC-IPE program is designed to stimulate undergraduate students within faculty of medicine to understand the practice of health professionals (doctors, nurses and dieticians). They are attached in a family as a group and advocate their health issues during their study periods in the faculty. With this program, the students are expected to understand the importance of continuing and comprehensive advocation in a family.  When the family faces a health issue, the students may detect the underlying cause and propose a systematic approach to overcome the problem.    This CFHC-IPE is an interprofessional and multiple approachprogram. It needs some essential skills as visualized in Figure 1. The three groups students from undergraduate medical degree, nursing and health nutrition program study should perform their unique skills with Family and community health approach. To apply those skills, the students should master some supporting curricula: Interprofessional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), as well as Skills Lab (SL) training.

Berisi penjelasan kegiatan di semester 7 antara lain