Pendahuluan

Fakultas Kedokteran UGM  mempunyai prinsip kerakyatan dan komunitas yang kuat sejak berdiri sebagai universitas perjuangan di tahun 1949. Berdasar pengalaman pembelajaran berbasis komunitas yang dilakukan oleh FK UGM mulai dari Comprehensive Community Health Care – Education Program (CCHC-EP), Community Oriented Medical Education (COME), Program Pendidikan Kedokteran Komunitas (PPKK), Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Kesehatan Masyarakat (K3M) yang sekarang dilaksanakan, maka  perlu dikembangkan kegiatan pendidikan kedokteran berbasis komunitas, Bina Budaya Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Masyarakat Oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran-UGM (CCHC-IPE)  yang sesuai dengan visi-misi FK UGM dan Standar Kompetensi Dokter Indonesia.

Pemateri dalam kuliah ini antara lain:

  1. dr. Wahyudi Istiono, M.Kes
  2. Dra.Yayi Suryo Prabandari, MSi,PhD
  3. dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH,PhD
  4. Dr.rer.nat.dr. BJ Istiti Kandarina
  5. dr. Luthfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D          
  6. dr.Rossi  Sanusi, PhD
  7. Prof.Dr.dr. Adi Heru S, MSc,DLSHTM,D.Com.Nutr. PPK
  8. Drs. Wiranto, M.Kes
  9. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed, Ph.D
  10. Dr. Ir. Widodo Haryono, M.Kes
  11. Dra. Retna Siwi Padmawati , MA
  12. Purwanta, S.Kp., M.Kes
  13. Nandyan Wilasto, MSc.HI
  14. Fitriana, dr.
  15. Rosallia Kurniawati Harisaputra, dr.
  16. Fransisca Kurnia Chandra, dr.

 

Enrolment key course CFHC-IPE:

  • Course CHFC Semester 1
    Enrolment Key : hTy67Ft40Ok
  • Course CHFC Semester 2
    Enrolment Key : FgsYt7Ft09
  • Course CHFC Semester 3
    Enrolment Key : UippHy7F3Tts
  • Course CHFC Semester 4
    Enrolment Key : hgStYY7V98
  • Course CHFC Semester 5
    Enrolment Key : PkLL701oOgP
  • Course CHFC Semester 6
    Enrolment Key : BtTy67PkL231
  • Course CHFC Semester 7
    Enrolment Key : DdrU8pT0OoBk

KATA PENGANTAR

Layanan primer merupakan tulang punggung kesehatan dunia. Pada deklarasi Alma Ata tahun 1978 WHO menganjurkan agar setiap Negara mampu meningkatkan pelayanan kesehatan primer (Boelen et.al., 2002 dalam disertasi Elda, 2013). Sistem Kesehatan Nasional (SKN) melakukan pendekatan kedokteran keluarga dimana seorang dokter keluarga sangat memiliki peran penting dalam layanan kesehatan primer  di dunai begitupula di Indonesia pada khususnya (Elda, 2013). Menurut Green et al (2001) sebagian besar masalah kesehatan berada di komunitas dimana ddapatkan bahwa dari 1000 populasi berisiko di Amerika, kurang dari 1 orang yang akhirnya masuk ke rumah sakit pendidikan. Oleh karena itu peran dokter keluarga di layanan primer atau yang dikenal dengan community setting sangat penting karena 90% masalah kesehatan terdapat di komunitas (Fitri, 2016)

Hal ini membuat reorientasi pendidikan kedokteran menuju kesehatan masyarakat yang merupakan salah satu strategi untuk menyelaraskan prioritas akademik kedokteran dengan masyarakat (Hunt et al., 2011). Hunt (2011) menyatakan bahwa kesehatan mendorong kemitraan antara akademis dan komunitas untuk mengatasi masalah kesehatan setempat. Pembelajaran dikomunitas dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai masih kompleksnya masalah kesehatan, masalah lingkungan dan masalah social di komunias, perlunya bekerja sama dengan masyarakat melalui model pendidikan komunitas yang tepat untuk mendidik masyarakat dengan pemberdayaan mahasiswa (Flicker, 2007). Feletty (200) menyatakan bahwa suatu obseravsi di komunitas merupakan wahana untuk memahami masalah di komunitas. Mahasiswa dapat mengasah kemampuan berkomunikasi untuk lebih mengenal permasalahan. Pada kegiatan ini mahasiswa juga mendapat suatu kesempatan bekerja sama dalam satu tim dan mengaplikasikan pengetahuan mereka ke dalam kehidupan nyata, tidak hanya  melalui suatu demonstrasi dan pasien simulasi yang telah mereka dapatkan selama ini di skills lab. (Hamad, 2000)

KATA PENGANTAR

Program CFHC-IPE ini mendorong mahasiswa memahami praktek profesi kesehatan (kedokteran, Keperawatan dan Gizi Kesehatan) langsung pada masyarakat dengan mendampingi keluarga mitra secara berklompok dengan mahasiswa antar profesi. Diharapkan mahasiswa mampu memahami petingnya melakukan pendampingan individu dalam konteks keluarga dan masyarakat serta pendampingan yang bersifat berkelanjutan dan paripurna. Berkalanjutan (continuity) berarti mahasiswa memahami bahwa sering sekali satu kondisi patologis membutuhkan penanganan lebih lanjut yang berksinambungan, sedangkan paripurna (comprehensive) bermakna mahasiswa memahami bahwa penanganan kondisi patologis perlu mengindentfikasi dan menyelesaikan akar permasalahan kondisi patologis tersebut.

Program CFHC-IPE ini bersifat inter professional, multiple approach dan membutuhkan essential skills yang digambarkan dalam gambar. 1. Program ini akan diikuti oleh mahasiswa dari program studi pendidikan dokter, Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi Gizi Kesehatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menangani permasalahan kesehatan dakam konsep Dokter Keluarga dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Agar mampu menangani permasalahn kesehatan tersebut. sangat dibutuhkan keterampilan pendukung berupa inter Professional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Profesional Behavior (PB), maupun keterampilan-keterampilan klinis yang dipelajari di Skill lab. (SL)

KATA PENGANTAR
 
Program CFHC-IPE ini mendorong mahasiswa memahami praktek profesi kesehatan (kedokteran, keperawatan dan gizi kesehatan) langsung pada masyarakat dengan mendampingi keluarga mitra secara berkelompok dengan mahasiswa antar profesi. Diharapkan mahasiswa mampu memahami pentingnya melakukan pendampingan individu dalam konteks keluarga dan masyarakat serta pendampingan yang bersifat berkelanjutan dan paripurna. Berkelanjutan (continuity) berarti mahasiswa memahami bahwa sering sekali satu kondisi patologis membutuhkan penanganan lebih lanjut yang berkesinambungan, sedangkan paripurna (comprehensive) bermakna mahasiswa memahami bahwa penanganan kondisi patologis perlu mengidentifikasi dan menyelesaikan akar permasalahan kondisi patologis tersebut. Program CFHC-IPE ini bersifat inter professionals, multiple approach dan membutuhkan essential skills yang digambarkan dalam Gambar 1. Program ini akan diikuti oleh mahasiswa dari program studi pendidikan dokter, program studi ilmu keperawatan dan program studi gizi kesehatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menangani permasalahan kesehatan dalam konsep Dokter Keluarga dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Agar mampu menangani permasalahan kesehatan tersebut, sangat dibutuhkan ketrampilan pendukung berupa Inter Professional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), maupun ketrampilan-ketrampilan klinis yang dipelajari di Skills Lab (SL).
 
 



KATA PENGANTAR


Program CFHC-IPE ini mendorong mahasiswa memahami praktek profesi kesehatan (kedokteran, keperawatan dan gizi kesehatan) langsung pada masyarakat dengan mendampingi keluarga mitra secara berkelompok dengan mahasiswa antar profesi. Diharapkan mahasiswa mampu memahami pentingnya melakukan pendampingan individu dalam konteks keluarga dan masyarakat serta pendampingan yang bersifat berkelanjutan dan paripurna. Berkelanjutan (continuity) berarti mahasiswa memahami bahwa sering sekali satu kondisi patologis membutuhkan penanganan lebih lanjut yang berkesinambungan, sedangkan paripurna (comprehensive) bermakna mahasiswa memahami bahwa penanganan kondisi patologis perlu mengidentifikasi dan menyelesaikan akar permasalahan kondisi patologis tersebut. Program CFHC-IPE ini bersifat inter professionals, multiple approach dan membutuhkan essential skills yang digambarkan dalam Gambar 1. Program ini akan diikuti oleh mahasiswa dari program studi pendidikan dokter, program studi ilmu keperawatan dan program studi gizi kesehatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menangani permasalahan kesehatan dalam konsep Dokter Keluarga dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Agar mampu menangani permasalahan kesehatan tersebut, sangat dibutuhkan ketrampilan pendukung berupa Inter Professional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), maupun ketrampilan-ketrampilan klinis yang dipelajari di Skills Lab (SL).

 
 

 

PREFACE


CFHC-IPE program is designed to stimulate undergraduate students within faculty of medicine to understand the practice of health professionals (doctors, nurses and dieticians). They are attached in a family as a group and advocate their health issues during their study periods in the faculty. With this program, the students are expected to understand the importance of continuing and comprehensive advocation in a family.  When the family faces a health issue, the students may detect the underlying cause and propose a systematic approach to overcome the problem.    This CFHC-IPE is an interprofessional and multiple approachprogram. It needs some essential skills as visualized in Figure 1. The three groups students from undergraduate medical degree, nursing and health nutrition program study should perform their unique skills with Family and community health approach. To apply those skills, the students should master some supporting curricula: Interprofessional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), as well as Skills Lab (SL) training.




PREFACE

CFHC-IPE program is designed to stimulate undergraduate students within faculty of medicine to understand the practice of health professionals (doctors, nurses and dieticians). They are attached in a family as a group and advocate their health issues during their study periods in the faculty. With this program, the students are expected to understand the importance of continuing and comprehensive advocation in a family.  When the family faces a health issue, the students may detect the underlying cause and propose a systematic approach to overcome the problem.    This CFHC-IPE is an interprofessional and multiple approachprogram. It needs some essential skills as visualized in Figure 1. The three groups students from undergraduate medical degree, nursing and health nutrition program study should perform their unique skills with Family and community health approach. To apply those skills, the students should master some supporting curricula: Interprofessional Education (IPE), Evidence Based Medicine (EBM), Professional Behavior (PB), as well as Skills Lab (SL) training.

Berisi penjelasan kegiatan di semester 7 antara lain