Latar Belakang

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki tugas untuk melaksanakan pengendalian penduduk dan menyelenggarakan Keluarga Berencana (KB). BKKBN memiliki visi “Menjadi lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas”.  Program-program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota masih sangat tergantung dari kualitas regenerasi sumberdaya manusia dibidang KB karena pensiun dan pengalih tugas ke sektor lain.

Untuk menghadapi tantangan tersebut di atas, semua pengelola Kependudukan dan KB baik di pusat, provinsi maupun kabupaten/kota harus memiliki kompetensi yang cukup untuk merencanakan dan menjalankan program-program pengendalian penduduk dan keluarga berencana di semua tingkatan tersebut yang berbasis bukti dan dukungan data yang valid dan reliabel

Pusat Kesehatan Reproduksi, FK-KMK, UGM bersama dengan UNFPA dan Pusat Penelitian KB/KR (PUSNA) BKKBN melalui kegiatan Tindak Lanjut Data Summit akan menyelenggarakan lokakarya untuk meningkatkan kapasitas teknis para peneliti dan pejabat di lingkungan BKKBN dan Pusat Kajian Studi PTN/PTS mitra BKKBN sejumlah 15 orang yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas untuk melakukan analisis lebih lanjut data SDKI.

Keluaran dari lokarya ini berupa tabel-tabel dan grafik analisis terhadap isu-isu tertentu dengan menggunakan metode STATA. Tabel dan grafik analisis tersebut nantinya akan dipergunakan oleh peserta dibantu oleh tim UGM untuk tulisan ilmiah yang akan dimasukkan dalam jurnal baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan

  1. Peserta belajar mengenai dasar-dasar data SDKI, pengambilan sampel, pembobotan, hingga dasar-dasar pengolahan data menggunakan perangkat statistik STATA.
  2. Meningkatkan kemampuan para peneliti dan pejabat dalam mengolah, menyajikan, menganalisa dan melakukan penelitian dengan data SDKI menggunakan perangkat statistik STATA.
  3. Memperkuat keterampilan yang akan digunakan oleh para peneliti dan pejabat untuk mengintegrasikan data SDKI ke dalam bahan pengajaran untuk memperkuat kapasitas orang lain untuk menggunakan data SDKI di lembaga masing-masing.

TRAINING OF TRAINERS (TOT) PRE-SERVICE TRAINING PELAYANAN KB DALAM RANGKA PENINGKATAN KAPASITAS MAHASISWA KEDOKTERAN DI INDONESIA TAHUN 2019

Tujuan Umum

Meningkatkan kemampuan melaksanakan pelayanan KB yang berkualitas melalui pembelajaran/ Pelatihan CTU (pre-service training) pada instansi pendidikan khususnya bagi mahasiswa kedokteran yang akan lulus.

Tujuan Khusus

  1. Meningkatnya kemampuan melaksanakan  pedoman pelaksanaan kegiatan, dan media pembelajaran pre-service training.
  2. Menyepakati penggunaan modul dan kurikulum dalam pelaksanaan TOT pre-service training.
  3. Meningkatnya pengetahuan tentang perkembangan kontrasepsi terkini.
  4. Menyepakati pola  pelatihan TOT pre-service training di lokasi pengembangan kegiatan pre-service training.
  5. Tersusunnya Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan  TOT pre-service training di lokasi pengembangan kegiatan pre-service training.

Waktu dan Pelaksanaan:

Hari/Tanggal:  Selasa - Jumat / 14 Mei – 17 Mei 2019

Tempat        :  Royal Ambarrukmo Yogyakarta

                       Jl. Laksda Adisucipto No.81, Ambarukmo, Caturtunggal,

                       Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pelatihan Demografi ini dirancang untuk peningkatan kompetensi praktisi demografi dan kependudukan di semua tingkatan untuk membantu mewujudkan terkendalinya dinamika kependudukan sebagai bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan. Metode pembelajaran pelatihan ini menggunakan cara-cara relatif baru di bidang ilmu-ilmu sosial, meskipun telah lama digunakan dalam mendidik profesi kesehatan di Indonesia.

INTRODUCTION

The goal of clinical research is to draw inferences from findings in the study about the nature of the universe around it. This course is an introduction to the process of clinical research, defined broadly as patient-oriented, translational, epidemiologic, comparative effectiveness, behavioral, outcomes, or health services research (i.e., any research that has individual human beings or groups of human beings as its unit of observation). Students are exposed to overarching concepts and essential vocabulary for designing and interpreting clinical research for their clinical practice and/or achieving higher degree in health science. This is primarily accomplished by instructing students in the creation of a research protocol that is intended to address a relevant research question in their specific area of interest.

The goals for this course are for participants to:

  • acquire skills for designing and interpreting clinical research;
  • produce a complete clinical research protocol, including background, sampling, measurements, and data analysis; and
  • help others in the class to develop these skills and protocols.

 LEARNING OBJECTIVES

At the end of the course the student should be able to:

  • Formulate clinical research questions which can be answered by the researcher
  • Design clinical research project to answer questions proposed
  • Describe an overview of basic biostatistical and epidemiologic methods involved in conducting clinical research
  • Prepare sampling method and sample size estimation according to study design and statistical analysis selected/planned
  • Formulate statistical techniques to answer study proposed
  • Describe the principle involved in the ethical, legal, and regulatory issues in clinical human subject research, including the role of Institutional Review Boards (IRBs).
  • Demonstrate on how to write a protocol of clinical research for dissertation or thesis

PREREQUISITES

  1. Possession of at least an undergraduate degree or enrollment in the Post Graduate Program at Faculty of Health Science, Public Health and Nutrition, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
  2. Submit an idea for a research question in clinical research that has been discussed with an experienced investigator or the thesis or Dissertation Advisor (Template can be downloaded from: http://gamel.fk.ugm.ac.id/course/view.php?id=40360 and http://www.chnrl.org). Please submit this form during your registration or email it to adhi_44@yahoo.com). Student who did not submit this form will not be enrolled in the class. We do not expect you to submit final protocol rather than draft for maximum 5 pages (excluding references).
  3. Proficiency with word processing software, biomedical literature searching with PubMed, Science Direct, Scopus, Wiley online library and reference management software (i.e.: Endnote)
  4. Students who have not had experiences for word processing software, biomedical literature searching, and reference management software will be given a special training by Staffs of Center for Reproductive Health a week before the course date. Please register for this special training to email address above.

Course Coordinator: 

Prof. dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, M.Sc., Sc.D