Mata kuliah dasar-dasar epidemiologi adalah mata kuliah yang mengenalkan kepada mahasiswa mengenai ruang lingkup epidemiologi kesehatan masyarakat dengan menekankan kepada faktor sosiokultural dihubungkan dengan distribusi dan etiologi sehat dan sakit. Pengenalan terhadap metodologi termasuk menghitung rate , insidens, prevalens; menganalisa statistik dasar dan mengetahui rancangan penelitian

Silahkan Klik Enrol Me untuk melanjutkan

Pengetahuan dan perkembangan dari Sistem Kesehatan Nasional (SKN), Sistem Pelayanan Minimal (SPM), jenis dan jenjang pelayanan kesehatan, MDGs (Mellenium Development Goals), Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Gerakan Nasional (GerNas), Sistem Rujukan dan kerja sama antar profesi.  Kedudukan Posyandu, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Institusi swasta bidang kesehatan dan Praktek perorangan dalam sistem pelayanan kesehatan.

Blok ini merupakan suatu terobosan terbaru dari sistem kurikulum yang diterapkan dengan pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada. Kami percaya bahwa Tim Blok dan Kontributor telah bekerja keras untuk menyelesaikan buku ini dengan standar kualitas yang tinggi. Kami sangat mengapresiasi semua kontribusi yang telah diberikan untuk menyusun Blok Gizi Dalam Daur Kehidupan sehingga diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai tujuan.

Silahkan Klik Enrol Me untuk melanjutkan

Mata kuliah Biokimia Klinis adalah kuliah mengenai perubahan metabolisme yang berkaitan dengan kejadian penyakit serta dampaknya terhadap gizi. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjadi penghubung antara ilmu gizi dasar dengan asuhan gizi klinik. Tujuan mata kuliah ini adalah menyampaikan teori dasar mengenai perubahan metabolisme yang berkaitan dengan kejadian penyakit. Metode pembelajaran adalah dengan ceramah dan diskusi. Metode penilaian dilakukan melalui ujian tengah semester, ujian akhir semester, kuis, presentasi jurnal dan praktikum.

Mata kuliah mikrobiologi makanan adalah mata kuliah yang memberikan pemahaman dan ketrampilan mengenai prinsip dasar mikroorganisme hidup berkaitan dengan makanan dan gizi, faktor-faktor yang berkaitan dengan pertumbuhan mikroorganisme didalam makanan, serta teknik-teknik identifikasi mikrobia. Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep interaksi mikrobia dalam makanan, pengendalian pertumbuhan mikrobia dalam makanan, deteksi dan enumerasi mikrobia, kerusakan makanan akibat mikrobia serta pengetahuan tentang food borne disease.

Silahkan Klik Enrol Me untuk melanjutkan

Mata kuliah keamanan pangan  adalah mata kuliah yang membahas konsep keamanan pangan, meliputi higiene dan sanitasi makanan serta pengawasan mutu makanan.

Mata kuliah ini mengajarkan pengetahuan tentang nutrigenomik dan proteomik, pengetahuan dasar tentang struktur dan organisasi kromosom serta penyakit terkait kelainan kromosom, organisasi genom dan ekspresi gen, mutasi dan polimorfisme, dasar-dasar analisis genetik, metode statistik untuk interpretasi data pengujian genetik, pengaruh diet terhadap ekspresi gen, nutrigenomik pada penyakit-penyakit tertentu (diabetes mellitus, hipertensi, obesitas, goiter, anemia)

Mata kuliah ini membahas prinsip manajemen data pangan dan gizi termasuk teknik pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data pangan dan gizi yang sistematis, agar tersedia data dan informasi yang akurat dan up to date. Selain itu, juga membahas cara melakukan interpretasi data pangan dan gizi serta kaitannya dengan kesehatan individu, kelompok, dan masyarakat, berdasarkan penelitian terbaru di bidang pangan dan gizi.