Mata kuliah ini membahas pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam manajemen sistem penyelenggaraan makanan, meliputi manajemen SDM dan analisis beban kerja, pengembangan resep, manajemen biaya, manajemen kebersihan dan limbah, penyelenggaraan makanan rumah sakit, penyelenggaraan makanan sekolah, penyelenggaraan makanan atlet, penyelenggaraan makanan komersial, monitoring dan evaluasi kegiatan manajemen pengawasan mutu, serta isu-isu penyelenggaraan makanan massal berdasarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir.

Tujuan pembelajaran dari mata kuliah ini adalah sebagai mata kuliah keahlian khususnya keahlian dalam bidang community nutrition sebagai bagian integral dari mata kuliah lain yang menunjang kompetensi gizi masyarakat. Pemahaman dan kemanfaatan mata kuliah ini diharapkan dapat menunjang quality education lulusan Program Studi Gizi Kesehatan.

Silahkan Klik Enroll Me untuk melanjutkan

Mata kuliah ini mengajarkan prinsip-prinsip manajemen program gizi masyarakat yang mengaitkan antara teori, riset serta penerapan program di masyarakat. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk menyusun rencana program penyelesaian permasalahan gizi masyarakat dalam skala mikro yang meliputi siklus perencanaan, implementasi, pemantauan dan evaluasi.

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu menerapkan manajemen gizi pada situasi darurat meliputi perencanaan, prinsip-prinsip dasar, standar minimum penggulangan situasi darurat dan manajemen gizi pada kelompok berisiko pengaturan dan prinsip keamanan pangan dan gizi, penilaian status gizi secara cepat, manajemen gizi pada kelompok berisiko tinggi selama bencana, serta bidang lain non gizi yang akan mempengaruhi manajemen gizi dalam bencana, seperti ketersediaan air, higiene, dan sanitasi.

Silahkan Klik Enroll Me untuk melanjutkan

Mata kuliah ini didesain untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta memberikan pengalaman berwirausaha bagi mahasiswa dengan meningkatkan keterampilan dan perilaku wirausaha melalui penemuan ide kreatif, penyusunan ide, perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian, serta evaluasi dalam berwirausaha.

Setiap pekerja dalam melakukan pekerjaannya berhak mendapat perlindungan atas keselamatan dan kesehatannya, karena keselamatan dan kesehatan merupakan unsur penting untuk menjadikan pekerja yang berkualitas dan produktif. Pada mata kuliah ini akan dijelaskan menngenai prinsip dasar kesehatan dan keselamatan kerja yang dikaitkan dengan gizi.

Silahkan Klik Enroll Me untuk melanjutkan

Mata kuliah Fortifikasi Pangan adalah mata kuliah yang mengenalkan mahasiswa mengenai konsep pangan fungsional, fortifikasi pangan dan aplikasinya dalam pengembangan produk dan perencanaan program fortifikasi pangan untuk mengatasi masalah gizi secara perorangan, kelompok maupun masyarakat.