Mata kuliah Praktik Kerja Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan (MSPM) merupakan mata kuliah yang memberi kesempatan mahasiswa untuk magang atau mendapat pengalaman praktik di beberapa institusi penyelenggaraan makanan yang melaksanakan kegiatan produksi makanan banyak/massal, khususnya di institusi non-komersial (rumah sakit) dan institusi penyelenggaraan makanan komersial (katering). Dalam kegiatan praktik, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen penyelenggaraan makanan dalam upaya penyediaan makanan yang aman, bergizi dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Mahasiswa diharapkan untuk mendalami serta mampu menganalisis, mengevaluasi dan mengelola serta mengusulkan saran perbaikan dalam proses penyelenggaraan makanan.

Mata kuliah ini membahas permasalahan gizi pada kelompok risiko, yaitu bayi dan balita, anak, remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan lanjut usia.

Mata kuliah ini memberi pemahaman parktis aplikasi penerapan ilmu kuliner dan dietetik dan mengembangkannya dalam bentuk rencana pengembangan dengan memperhatikan aspek psikologi konsumen dan menerapkannya dalam industri pelayanan makan yang berorientasi profit.