PENDAHULUAN
Pendidikan pada jenjang strata tiga (S3) merupakan pendidikan yang lebih mendalam dan luas dibandingkan dengan pendidikan strata satu (S1) ataupun strata dua (S2). Pendidikan S3 lebih banyak dititikberatkan pada proses penelitian mahasiswa. Maka dari itu, proses pendidikan S3 relatif membutuhkan usaha yang lebih keras karena penelitian yang dilakukan harus dapat sepenuhnya dipertanggungjawabkan kesahihannya.

Salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari pendidikan S3 adalah terkait pembimbingan atau promotor mahasiswa. Kewajiban tim promotor adalah secara teratur membimbing mahasiswa dalam penyusunan usulan penelitian, persiapan ujian komprehensif, pelaksanaan penelitian, penulisan disertasi, penyusunan naskah publikasi, persiapan seminar hasil, penilaian dan revisi disertasi serta persiapan ujian akhir.

Bertumpu dari peran promotor yang sangat esensial tersebut, Prodi Doktor berencana untuk menfasilitasi promotor dan calon promotor agar pendapatkan pembekalan yang cukup dalam hal membimbing mahasiswa dalam bentuk pelatihan “Good Practice in PhD Supervision (GPPS, Batch 2)”. Pada akhir pelatihan ini, diharapkan promotor dapat memberikan pembimbingan yang tepat kepada mahasiswa sehingga bisa lulus tepat waktu dan memiliki kualitas sesuai dengan yang diharapkan.


TUJUAN
GPPS yang dilaksanakan Prodi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM bertujuan untuk:

  1. Peserta dapat menjelaskan regulasi terkait program PhD di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM
  2. Peserta dapat menerapkan prinsip supervisi yang efektif kepada mahasiswa PhD-nya
  3. Peserta dapat berkolaborasi dengan mahasiswa PhD-nya untuk memilih metode penelitian yang sesuai untuk penelitian PhD
  4. Peserta dapat berkolaborasi dengan mahasiswa PhD-nya untuk menyiapkan manuskrip dan memilih jurnal yang sesuai untuk diterbitkan dalam program PhD

MANFAAT
Kami berharap agar selepas mengikuti GPPS, diharapkan peserta dapat memahami bagaimana membimbing mahasiswa S3 yang tepat mulai dari penulisan proposal, disertasi hingga publikasi dan seperti apa hubungan antara promotor dan mahasiswa yang baik sehingga proses pendidikan mahasiswa dapat berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

METODE PELATIHAN

GPPS Prodi Doktor FK-KMK UGM dilaksanakan dengan metode asinkronus dan sinkronus. Sebelum pelatihan dimulai, peserta mengerjakan soal pre test dan kuisioner readiness. Metode asinkronus dilaksanakan tanggal 10-15 Mei 2023 dengan memanfaatkan platfom GAMEL, sedangkan metode sinkronus dilaksanakan secara luring tanggal 16-17 Mei 2023 dengan metode ceramah dan diskusi. Di akhir pelatihan, peserta Kembali mengerjakan soal post test dan kuisioner readiness serta mengisi formular evaluasi.