Pembelajaran klinik difokuskan pada proses belajar yang secara langsung melibatkan pasien dan segala pemasalahannya. Pada fase rotasi pendidikan klinik, pendekatan pendidikan yang bersifat "on the job trained" lebih ditekankan sehingga mampu menunjang pengembangan profesionalisme calon dokter.

Pada fase rotasi pendidikan klinik dokter muda mendapat kesempatan mempelajari anamnesis, pemeriksaan fisik, clinical reasoning, pembuatan keputusan, empati, dan profesionalisme secar terintegrasi. Meskipun memiliki kelebihan-kelebihan terserbut, fase rotasi pendidikan klinik banyak dikritik karena variasi yang terlalu banyak, kurang ada tantangna intelektual, dan pengalaman tergantung yang diperoleh. Untuk menjawab tantangan tersebut fakultas membentuk Tim Clinical Rotation tingkat fakultas, yang bertujuan untuk membuat fase pendidikan klinik lebih standardized, accountable dan based of competence.

Bagian ini adalah daftar rumah sakit jejaring Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM dan bagian-bagian yang menjadi lahan untuk kegiatan rotasi klinik.