Blok 1.2 adalah blok kedua yang diberikan pada mahasiswa tahun pertama. Blok ini dinamakan dengan Blok “ Life principle, communication and social function” atau dapat diartikan dengan ‘’Prinsip kehidupan, komunikasi dan fungsi sosial”. Blok ini akan berisi pelajaran yang disusun dengan berbagai metode antara lain kuliah, flipped classroom, diskusi/turorial, penugasan, pembelajaran mandiri, seminar, role play, serta penggunaan blended learning dengan menggunakan e-learning. Selain itu, salah satu capaian yang merupakan capaian kompetensi baru adalah mahasiswa mampu mengaplikasikan strategi penelusuran untuk mengidentifikasi/menemukan isuisu keperawatan. Topik ini merupakan topic Evidence Based Practice yang dirancang untuk diberikan berjenjang sesuai level dari blok 1.1 sampai dengan blok 4.2 dan bahkan sampai tahap profesi.
Pada blok 1.3 ini akan mempelajari beberapa cabang ilmu secara terintegrasi yaitu Anatomi, Histologi, Farmakologi, Fisiologi, Kebutuhan Dasar Manusia dan Keperawatan Medikal Bedah dan keperawatan anak. Berbagai metode pembelajaran akan diterapkan selama proses pembelajaran untuk blok 1.3 sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan, yaitu mahasiswa diberi skenario kasus yang dijadikan pemicu untuk diskusi kelompok kecil dengan seven jump, kuliah, studi kasus dan seminar. Dalam setiap kegiatan tersebut akan dilakukan evaluasi untuk menilai pencapaian kompetensi mahasiswa.
Evaluasi dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif yang terdiri dari evaluasi proses, penilaian penugasan dan Ujian Akhir Blok (UAB). Penilaian professional behaviour dilakukan seara reguler sesuai format yang telah dibuat dan aktivitas yang dilakukan mahasiswa.