PENDAHULUAN 

Pendidikan interprofessional bagi profesi tenaga kesehatan dokter, perawat dan ahli gizi di Fakultas Kedokteran UGM menjadi suatu kebutuhan penting sama halnya dengan pendidikan terkait keilmuan profesi. Melalui Community and Family Health Care-Interprofessional Education (CFHC-IPE) yang telah diinisiasi sejak tahun 2013, pendidikan interprofesional didapatkan sejak tahun pertama masa pendidikan sampai dengan tahun keempat di Fakultas Kedokteran UGM.

Pendidikan interprofessional melalui CFHC-IPE dikemas dalam kurikulum di setiap tahunnya. Pada tahun ketiga, pendidikan interprofessional ditekankan pada penentuan prioritas masalah, pembuatan rencana aksi dan implementasinya pada komunitas kecil yaitu dasawisma. Di tahun ketiga, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan kompetensi utama CFHC-IPE yaitu memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, berbagi peran dan tanggung jawab, bekerja sama dalam tim dan menerapkan nilai dan etik pada penentuan prioritas masalah kesehatan di komunitas serta rencana aksi dan implementasinya.

Modul ini disusun untuk membantu dosen pembimbing dan mahasiswa untuk mengetahui tujuan pembelajaran di tahun III, kegiatan selama semester 5 dan 6 serta materi dalam penentuan prioritas masalah kesehatan di komunitas. Selain dari modul ini kami juga berharap dosen dan mahasiswa dapat menggali informasi ilmiah lain terkait pendidikan interprofessional khususnya pada topik intervensi kesehatan komunitas.

Kami sangat terbuka dengan setiap kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan CFHC-IPE khususnya di tahu ketiga. Semoga kegiatan CFHC-IPE di tahun ketiga ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua untuk mewujudkan pendidikan interprofesional yang unggul di Indonesia.